Monday, October 09, 2006

TABAH

Gak tau kenapa hari ini gw lagi ngerasa gak enak banget sama diri gw..badan gak enak, hati gak enak, pikiran gak enak..pokoknya gak enak banget..
Sumpek kalo menurut istilah gw...

Ya iya lah..gw yang biasanya gak brenti2 kerja dan ketemu sama banyak orang tiap hari, sekarang tiba2 harus ngerasain nganggur berkepanjangan..paling2 gw cuma bikin2 proposal project yang baru akan gw kerjakan sehabis bulan Ramadhan nanti...

Dalam kondisi sumpek dan serba salah kayak gini, eh ada aja yang bikin gw kesel, kayak kejadian gw sama leasing yang sangat menyebalkan itu..ketambahan lagi hari ini gw sebenernya ada janji dengan seseorang yang akan datang ke rumah gw, eh dengan santainya dia ngebatalin janjinya setelah membuat gw gak bisa kemana2 seharian ini tanpa minta maaf sedikitpun...Ampuuuuunnn...makin sumpek aja otak gw..

Jam 17.30 tadi, 18 menit sebelum waktu berbuka puasa tiba2 dari halaman depan rumah gw terdengar mengucapkan salam.." Assalamualaikum "
Sambil mengucapkan salam balik gw keluar untuk ngeliat siapa yang datang..
Di depan garasi gw berdiri Seorang bapak bersama anak lelakinya yang berumur sekitar 4 tahunan yang tersenyum tulus kepada gw..

" Ada apa mas ?" tanya gw kepada sang bapak, " ini pak, saya menjual sapu lidi, tiga ribu satunya, kalau2 aja bapak butuh" jawabnya sambil menurunkan bungkusan besar dari pundaknya yang ternyata berisi banyak sekali sapu lidi.."buatan sendiri pak, buat lebaran lah pak.."

Hati gw tersentuh banget ngeliat ketabahan orang tersebut..

Karena ngeliat gw diam aja,si bapak langsung pamit.." pak, permisi.." katanya sambil mengangkat kembali sapu2 lidi tersebut..Gw langsung menahannya," Sebentar mas, saya butuh kok "

Langsung gw suruh pembantu gw untuk mengambil sejumlah uang buat sang bapak tersebut.
Rupanya istri gw dan nyokap gw yang kebetulan lagi main di rumah gw, juga keluar ngeliat bapak dan anak tersebut..

Nyokap gw langsung nanya sama sang bapak, " kok jualan bawa anak pak ? Istrinya kemana ?" " Sakit bu, jadi gak ada yang ngurus kalo di rumah" jawab sang bapak ke nyokap gw..

Air mata kami langsung berlinang ngeliat sang anak lucu yang terpaksa ikutan bapaknya jualan tersebut..

Langsung spontan istri dan nyokap gw ke dapur untuk ngebungkusin beberapa lauk pauk yang kami siapkan untuk berbuka puasa nanti buat anak dan bapak tersebut..
Sang bapak langsung kaget ketika kami menyerahkan bungkusan makanan dan sejumlah uang tersebut..

Gw langsung minta maaf sama dia, kami bukan menganggap dia pengemis, kami cuma ingin berbagi aja sama dia.." Buat buka puasa di jalan pak " kata nyokap gw..
Dia mengerti dan sangat berterimakasih.
Langsung dia menyerahkan beberapa sapu lidi buat kami..kami gak mau menerimanya..
" Buat di jual ke lain tempat aja pak " kata gw..
Setelah mengucapkan beberapa kali terima kasih akhirnya pergilah sang bapak dan anak tersebut..

Gw mendapatkan hikmah..Orang seperti bapak itu aja bisa tabah...Mosok gw gak bisa sih..??
Gak mungkin lah Allah memberikan cobaan pada umatnya melebihi kemampuan sang umat tersebut...Gw aja yang gampang mengeluh..

Di Shalat Magrib, gw minta satu permintaan lagi sama Allah..Gw minta jadi orang yang tabah, Karena gw yakin di balik ketabahan pasti ada hidayah yang sangat nikmat yang akan diberikanNya buat gw ...Amiiiiinnn...

5 Comments:

At 10/10/2006 6:36 AM , Blogger Apey said...

Touching story kak Mikihh :) It had happened to me to sometime. Emang yaa, kita tuh kadang msh gak bersyukur dgn nikmat hidup yg udah diberi Allah sama kita, sekecil atau sebesar apapun. Begitu kita dipertemukan sama mereka yg tidak lebih beruntung sama kita, baru deh kita nyadar. Semoga masih bynk orang kayak dikau dan keluarga yg masih mau berbagi dgn mereka yg krg beruntung deh. Mudah-mudahan segala amal kebaikanmu dan family di bulan penuh berkah ini akan mendapatkan balasan pahala dari Allah Swt yaa...amienn :)

 
At 10/10/2006 7:31 AM , Anonymous Anonymous said...

Nice posting, Mik :)

 
At 10/11/2006 11:57 PM , Blogger Iqbal said...

*terharu*
memang kita butuh untuk sekali kali di "tampar" oleh mereka yang kurang beruntung. Mudah mudah an puasa elu di Ramadhan ini diterima oleh yang Diatas yah Mick. Amiin

 
At 10/12/2006 11:45 AM , Blogger nabil said...

asli mick!!! kadang2 gue sering merasa maenjadi manusia paling sial di dunia padahal kan banyak yang lebih sial dari elo!!!! orang-orang seperti bapak ini yang gue suka mereka kerja bukan hanya minta dan memaksa orang lain untuk memberi ke mereka

gue harap kebaikan lo ini ALLAH yang bales lansung ke elo dan keluarga

 
At 10/19/2006 3:07 PM , Blogger Unknown said...

gw selalu berharap diingatkan buat mensyukuri yang gw dapatkan, dan juga diberikan kesempatan buat berbagi. karena hal-hal kayak gini ini sungguh memperkaya jiwa gw. thx for sharing mick!

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home