Saturday, September 23, 2006

Bulan Puasa di Tomang tahun 80an

Sebentar lagi puasa...
Bulan yg sangat gw nantikan, selain amal ibadah kita yg pasti naik kadarnya di bulan yg mulia ini, mental yg jadi terlatih lagi ngadepin ujian hidup, dan yg pasti buat nyuksesin diet juga...hihihi..
Malem ini gw jadi terkenang sama masa remaja gw di daerah sepi di Jakarta Barat, Daerah Tomang...
Sepi ?
Iya Sepi banget daerah itu tahun 80an awal...jangan liat sekarang lah..udah padet, macet pulak..
Rumah gw pas banget di depan masjid, namanya Masjid Al Mustakim, mesjid tersebut gak gede2 amat lah..tapi nyamaaaan banget di dalamnya..padahal gak mewah, tapi enak aja kalo kita berada di dalamnya..
Setiap bulan puasa masjid tersebut jadi sentra kegiatan daerah tersebut, biasanya sih di mulai sebelum bulan puasa, yaitu warga bergotong royong ngecat masjid tersebut biar kelihatan bagus dan bersih lagi..biar banyak yg mau tarawih disitu menurut pak RT..
Memasuki bulan Ramadhan adalah masa2 istimewa buat para ibu2..biasanya para ibu lingkungan sekitar, termasuk nyokap gw juga, berlomba2 menyiapkan hidangan istimewa buat berbuka puasa bagi para jamaah yg sholat magrib di mesjid tersebut...biasanya sih para remaja sama bapak2 sekitar masjid lah yg jadi jamaahnya.
Saking istimewanya hidangan2 yg dikirim para ibu2 tersebut, sampe2 kami kami para remaja lebih seneng buka puasa di Masjid ketimbang di rumah sendiri..Lebih lengkap dan enak2 sih..hihihi...
Ada kolak pisang, Cendil, es kolang kaling, es kelapa muda, pisang goreng, es buah ( ini yg istimewa, karena isinya buah2an import yg jarang ada saat itu,yg ngirim tante sebelah rumah gw yang emang mapan banget idupnya ), dan macem2 lagi deh..semua itu gak taunya karena para ibu2 saingan untuk naikin gengsi dengan cara pameran sajian buka puasa di masjid..hihihi..kita sih seneng2 aja...untung banget rasanya..
Setelah buka puasa dan Sholat Magrib biasanya acaranya adalah ngaji bareng..tapi biasanya kita2 para remaja gak ikutan..karena ada banyak tukang jajanan yg mangkal di depan masjid, kita jajan aja, bapak2 yg ngaji bareng...tapi kadang2 ikutan juga sih kalo dimarahin ama Pak Haji pengurus Masjid..( biasanya para remaja ngerokok bareng di samping masjid sembari ngumpet2 takut ketauan ortu..hehehe )
Abis gitu kita masuk masjid lagi buat Shalat Isya dan Tarawihan...Nah ini dia yg paling kita tunggu2..karena bisa ngecengin cewek2 yg pada tarawih..
Setelah Tarawih biasanya kita masih kumpul2 di depan masjid sambil ngobrol ngalor ngidul gak jelas...Biasanya bubarnya setelah diteriakin nyokap2 kita supaya pulang..
Jam setengah 3an pagi biasanya para remaja dan bapak2 yg ngerasa masih remaja kumpul lagi di depan masjid buat keliling2 kampung bangunin warga..
Perlengkapan wajibnya adalah kentongan, gitar, sama lampu senter..lampu senter sangat berguna karena jaman itu lampu penerangan jalan masih sangat dikit..kalo lupa bawa senter ya siap2 aja nyebur got saking gelapnya...
Setelah kumpul semua, mulailah kita keliling2 kampung sambil nyanyi2 keras2, biasanya lagu kasidahan yg kita nyanyiin, kalo gak ya Shalawatan...tapi kadang2 kita nyanyiin lagu Suzanna juga..hehehehe...
Kalo Rumah yg kita bangunin pake nyanyian gak kebangun juga baru deh kita kentongin tiang listrik di depan rumah tersebut..biasanya cara ini paling efektif..
Yg lucunya lagi pernah saking asiknya ngebangunin warga, tapi kita malahan lupa udah imsak..hasilnya yaaa lemes lah besoknya..puasa tanpa sahur...
Duuuh...kangen juga rasanya sama suasana itu...
Kangen juga sama temen2 saat itu yg sekarang udah gak tau dimana...
Kalo gini, baru deh ngerasa nyesel kenapa gak bisa ngejaga tali silaturahmi dengan baik...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home